Rabu, 02 Februari 2011

Nama-nama Al Qur'an

Allah memberi nama Kitab-Nya dengan Al Qur'an yang berarti "bacaan". Arti ini dapat kita lihat dalam surat (75) Al Qiyamah; ayat 17 dan 18 sebagaimana tersebut diatas.

Nama ini dikuatkan oleh ayat-ayat yang terdapat dalam surat (17) Al Israa' ayat 88; surat (2) Al Baqarah ayat 85; surat (15) Al Hijr ayat 87; surat (20) Thaa ha ayat 2; surat (27)
An Naml ayat 6; surat (46) Al Ahqaaf ayat 29; surat (56) Al Waqi'ah ayat 77; surat (59) Al Hasyr ayat 21; dan surat (76) Addahr ayat 23.

Menurut pengertian ayat-ayat di atas Al Qur'an itu dipakai sebagai nama bagi Kalam Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad s.a.w.

Selain Al Qur'an, Allah juga memberi beberapa nama lain bagi Kitab-Nya, seperti:

1. Al Kitaab atau Kitaabullah: merupakan synonim dari perkataan Al Qur'an, sebagaimana tersebut dalam surat (2) Al Baqarah ayat 2 yang artinya: "Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya ....... " lihat pula surat (6) Al An'aam ayat 114.

2. Al Furqaan: "Al Furqaan" artinya: "Pembeda", ialah "yang membedakan yang benar dan yang batil", sebagai tersebut dalam surat (25) surat Al Furqaan ayat 1 yang artinya: "Maha Agung (Allah) yang telah menurunkan Al Furqaan, kepada hamba-Nya, agar ia menjadi peringatan kepada seluruh alam".

3. Adz-Dzikir: Artinya: "Peringatan" sebagaimana yang tersebut dalam surat (15) Al Hijr ayat 9 yang artinya: "Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan "Adz-Dzikir" dan sesungguhnya Kamilah yang menjaganya". (lihat pula surat (16) An-Nahl ayat 44.

Dari nama yang tiga tersebut diatas, yang paling masyhur dan merupakan nama khas ialah "Al Qur'an".

Selain dari nama-nama yang tiga itu ada lagi beberapa nama bagi Al Qur'an. Imam Asy Syuyuthy dalam kitabnya Al Itqan, menyebutkan nama-nama Al Qur'an diantaranya: Al Mubiin, Al Kariim, Al Kalam, An Nuur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar