Jumat, 05 Juni 2009

ANAK DAN AL-QUR'AN

ANAK ADALAH AMANAH dari Allah swt. Tidak semua orang mendapat anugerah ini, kecuali hanya orang-orang yang dikehendaki-Nya. Amanah ini harus dipelihara secara baik dan terus menerus dengan memberikan pendidikan yang baik dan benar. Seorang pendidik harus belajar bagaimana memberikan hak dan kewajibannya dengan baik. Ia harus mengetahui perkembangan-perkembangan baru tentang metode dan media pendidikan yang baik untuk menunaikan tugasnya, sehingga memperoleh hasil yang maksimal.
Salah satu pekerjaan pendidik yang harus mendapatkan perhatian serius adalah mencari metode yang tepat untuk mengajarkan Al-Qur'an kepada anak-anak usia dini. Mengajarkan Al-Qur'an adalah salah satu pendidikan islam, sehingga anak-anak tumbuh berdasarkan fitrah yang baik dan hati mereka dituntun oleh hikmah sehingga mampu membendung polusi kesesatan dan keruhnya kemaksiatan.
Para sahabat Nabi saw. tahu benar betapa pentingnya menghafal Al-Qur'an dan pengaruhnya terhadap psikologis anak, maka mereka berlomba-lomba mengajarkan Al-Qur'an kepada anak-anak mereka, sebagai implementasi sabda Nabi saw. : "Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya." (HR. Ahmad).
Mempelajari Al-Qur'an dapat memberikan pengaruh baik terhadap diri seseorang, jika dilakukan dengan sungguh dan menggunakan metode dan cara yana bisa membuat anak mencintai Al-Qur'an.
Mengajarkan Al-Qur'an dengan cara yang baik tidak hanya membuat anak menjadi cinta terhadap Al-Qur'an tetapi juga meningkatkan kemampuan anak untuk mengingat dan memahami Al-Qur'an. Dari sini kemudian terbentuk pemahaman pada anak bahwa menghafal Al-Qur'an adalah amal dan perbuatan mulia. Oleh karena itu, perlu ditumbuhkan kecintaan anak terhadap Al-Qur'an sebelum memulai menghafalnya. Hal ini perlu dilakukan karena menghafal Al-Qur'an tanpa didasari cinta terhadap Al-Qur'an tidak akan membuahkan hasil apa-apa. Sebaliknya bahwa mencintai Al-Qur'an dibarengi dengan menghafalnya, akan membentuk perilaku mulia dan beradab pada anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar